Kembali Ke MU, Ronaldo Tidak Perlu Bayar Pajak Penghasilan

By ommed


nusakin.com - Cristiano Ronaldo mendapat 'keuntungan' atas keputusannya pindah ke Manchester United. Tidak seperti di Italia dan Juventus, Ronaldo tidak akan membayar pajak atas penghasilan yang didapat saat bermain di Inggris.

Pajak telah menjadi masalah yang pelik bagi pemain sepak bola. Di balik gaji besar yang didapat, mereka juga harus cermat menghitung beban pajak yang mereka bayar sesuai aturan masing-masing negara.

Beberapa tahun terakhir, pemain sepak bola di Spanyol bahkan ada terlibat kasus hukum terkait pajak. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Jordi Alba, hingga Angel Di Maria pernah punya masalah pajak di Spanyol.


Ronaldo baru saja memaksakan kepindahan dari Juventus. Sang pemain sejatinya masih punya kontrak hingga Juni 2022. Akan tetapi, Ronaldo bersikeras ingin meninggalkan Juventus dan keinginan itu terwujud.

Awalnya, Ronaldo menjalin kontak dengan Manchester City. Namun, Ronaldo akhirnya pulang ke United dengan transfer 15 juta euro.

Pindah ke Inggris membuat Ronaldo punya 'keuntungan' dari sisi finansial daripada bertahan di Italia. Sebab, merujuk pada laporan Financial Times Italia, Ronaldo kini bisa mendapat gaji secara penuh tanpa dipotong pajak.

Pasalnya, pemerintah Inggris saat ini tengah menerapkan kebijakan Res Non-Dom. Kebijakan itu memungkinkan setiap pekerja asing -tidak berdomisili di Inggris Raya- mendapat kebebasan dari tanggungan pajak penghasilan selama tujuh tahun.


Pajak yang dibayar Ronaldo ketika masih bermain di Juventus jumlahnya memang tidak cukup besar. Sebab, pemerintah Italia di bawah Paolo Gentiloni punya kebijakan pajak tetap. Jadi, Ronaldo membayar jumlah yang sama setiap tahun.

Ronaldo 'hanya' membayar 100 ribu euro per tahun untuk kategori panjang pendapatan asing. Jumlah itu nampak kecil karena Ronaldo menerima gaji 31 juta euro per musim dari Juventus.

Sementara itu, ketika masih bermain di Real Madrid, Ronaldo dan tim hukumnya harus menghitung dengan cermat soal pajak. Pada 2019, saat kasus pajaknya masuk pengadilan, Ronaldo harus membayar 19 juta euro untuk menyelesaikan masalah ini. (bn/om)